Inilah Tips dan Trik Memulai Investasi Buat Generasi Milenaial

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pada tahun-tahun terakhir, investasi menjadi trend yang kian banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, termasuk generasi milenial. Generasi milenial seringkali disebut generasi yang melek akan pengetahuan literasi digital, tetapi tidak sedikit yang masih dalam literasi keuangan.

Hal Ini yang membuat anak muda terjebak dalam perangkap finansial, seperti gaya hidup mereka yang tinggi dengan cara nongkrong, belanja online, dan menghabiskan uang dengan foya-foya tanpa memperhatikan kondisi keuangan mereka secara berkepanjangan, padahal dengan berinvestasi kita dapat menganalisa keuangan kita untuk masa depan.

Berita Lainnya

Supaya tidak mengalami masalah keuangan, seharusnya mengubah kebiasaan dan menggantinya dengan cara berinvestasi di masa muda.

Dikutip dari mediaindonesia.com, Survei OJK juga menunjukkan beberapa faktor penyebabnya. Misalkan saja, kurangnya pemahaman mereka tentang manfaat investasi seperti compound interest atau bunga-berbunga dan kecenderungan anak muda yang lebih suka mengeluarkan uang untuk hal-hal bersifat pengalaman daripada berinvestasi.

Lantas bagaimana caranya agar generasi muda tertarik untuk berinvestasi? Pasti dalam hal ini dari pihak keluarga terutama orangtua memegang peranan utama. Inilah beberapa tips dan trik memulai investasi bagi kaum milenial.

Merubah Pola Pikir

Langkah yang paling pertama agar lebih melek soal keuangan adalah merubah mindset atau pola pikirmu. Ini sangat penting sebelum memulai berinvestasi, karena sebagian orang terlalu fokus untuk menjalani apa yang mereka hadapi sekarang dengan kebebasan yang mereka punya serta kebahagiaan yang mereka dapatkan. Akibatnya mereka tidak mempunyai rencana akan masa yang akan datang.

Membaca Buku Agar Meningkatkan Pengetahuan Finansialmu

Investasi dari leher keatas agar dapat memperkaya pengetahuan kita akan rencana keuangan dan tujuan investasi. Tidak hanya seputar buku. Banyak yang bisa kita akses saat menggunakan smartphone, dimulai dari mengakses blog, website maupun webinar yang diadakan oleh para tokoh yang ahli di bidang investasi.

Apabila ingin lebih detail untuk mengakses seputar keuangan, cobalah membaca buku-buku tentang keuangan, tidak harus dengan cara membeli buku jika tidak mempunyai anggaran yang lebih, kamu bisa memanfaatkan koleksi buku di perpustakaan swasta atau bahkan di perpustaakaan umum yang ada di kota kamu.

Mempelajari Manfaat Investasi Sejak Dini

Banyak generasi muda yang belum paham tujuan investasi, salah satunya karena ada manfaat bunga berbunga ( compound interest ) dengan demikian dana yang kita investasikan dapat bertumbuh dengan cepat dan mampu bersaing dengan inflasi yang terjadi pada setiap tahun. Daripada hanya menyimpannya dalam bentuk tabungan di bank, terlebih simpanan di bank sifatnya liquid sehingga menjadi bisikan untuk menghalangi kita mencapai tujuan finansial yang sudah di tentukan.

Pahami Tujuan Investasimu

Generasi muda yang terobsesi dengan era modern dan memiliki sumber pendapatan yang cukup seringkali lupa diri dan belum memiliki tujuan keuangan. Sebagai generasi muda kita harus menetapkan tujuan keuangan, termasuk dalam hal investasi. Ini akan menjadi referensi untuk memilih produk investasi yang pas dan cocok untuk kita. Selain itu tujuan investasi juga akan menentukan jangka waktu investasi , dimulai dari jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang.

Kebutuhan jangka pendek, contoh untuk biaya sekolah dan perawatan mobil. Kebutuhan jangka menengah semisal untuk membeli mobil dalam waktu 4 atau 5 tahun. Kemudian, buat rencana jangka panjang seperti rencana yang lebih dari 5 tahun seperti menikah, dan membeli aset yang bernilai tinggi.

Komitmen dan Konsisten

Sempatkan waktu dan pikirianmu untuk meningkatkan literasi seputar keuangan. Tingkatkan pengetahuan terpaut investasi, pinjaman, maupun tabungan pensiun. Komitmen untuk selalu belajar dan memperoleh ilmu dengan cara yang benar, semisal kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain agar meminimalisir kegagalan yang kita buat, selain itu kita harus konsisten untuk berinvestasi dan meningkatkan pengetahuan tentang keuangan secara perlahan.

Tetapkan Strategi Jangka Panjang dan Pahami Resikonnya

Bagaimana menyusun strategi investasi jangka panjang ini ? Misalnya dengan berinvestasi di dana pensiun yang bisa digunakan saat sudah tidak lagi bekerja. Selain itu  investasi tempat tinggal mutlak diperlukan saat akan menikah dan sudah berkeluarga. Mengkomunikasikan rencana investasi jangka panjangnya agar bisa mengetahui resiko yang akan terjadi.

Generasi muda saat ini menghadapi tantangan finansial utama yaitu yang pertama adalah tekanan gaya hidup yang sangat tinggi, dimana anak muda sekarang suka hangout di tempat berkelas. Yang kedua problematika anak muda yaitu kurangnya ilmu pengetahuan tentang keuangan, dan terlalu boros saat mencari pengalaman.

Dalam menggunakan keuangan dengan investasi, terlebih dahulu harus menciptakan landasan yang solid, yaitu berupa dana darurat dan jaminan. Investasi itu high risk high return, ketika ingin mempunyai untung tinggi maka kita juga harus siap dengan penurunan yang tajam saat berinvestasi.

Ini akan menjadi referensi anak muda agar melek investasi dan juga mempersiapkan agar investasi berjalan sesuai planning dengan memperhatikan kaidah ilmu yang sudah dipelajari, termasuk buku, web, blogspot maupun seminar. Terlebih tujuan investasi akan menentukan jangka waktu investasi, mulai dari pendek, menengah, maupun panjang.

Artikel Oleh: Dwi Yuli Fitriyani

 

 

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *