Innalillahi! Ulama Asal Tangerang, Abuya KH Uci Thurtusi Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Abuya KH Uci Thurtusi

INDOPOLITIKA.COM – Kabar duka datang dari ulama tanah air. Abuya KH Uci Thurtusi atau lebih dikenal dengan Abah Uci meninggal dunia. Kabar sang ulama wafat tersebut menyebar luas di media sosial, dan juga melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.

Ulama kharismatik yang juga Pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Ta’lim Al-Istiqlaliyyah di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri Pasar Kemis, Tangerang, Banten itu meninggal pada pukul 05.30 WIB, Selasa (6/4/2021).

Berita Lainnya

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut Berdukacita yang mendalam atas meninggalnya guru kami Abuya Uci Turtusi. Semoga Amal Ibadah Beliau Diterima Allah SWT,” tulis Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy dikutip dari media sosialnya, Selasa (6/4/2021).

Abuya Uci Thurtusi adalah putra dari Alm Abuya Dimyathi Cilongok, seorang kiai yang sangat disegani oleh masyarakat Banten. Nama Abuya Uci sudah terkenal hingga ke luar pulau jawa.

Tak jarang acara pengajian mingguan Abuya Uci di Pesantren Cilongok, kerap didatangi ulama atau tokoh dari negara-negara di dunia sebut saja tokoh Mesir, Yaman, Arab Saudi, India, Irak, Maroko pernah hadir.

Pada peringatan Maulid Nabi dan Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani yang digelar tiap tahun, jutaan jamaah dari berbagai daerah membanjiri kampung Cilongok. Kampung Cilongok terlihat seperti lautan manusia.

Bahkan, para jamaah tiba di lokasi pengajian sebelum acara itu dimulai. Tak hanya saat haul, acara pengajian mingguan pun membawa berkah bagi para pedagang, di bahu sepanjang jalan dan lapangan sekitaran pesantren. Para pedagang ikut meramaikan pengajian.

Tahun lalu, kegiatan haul diselenggarakan secara virtual melalui kanal media sosial dan disiarkan langsung salah satu televisi. Meski demikian, para jamaah tetap membludak. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *