Instalasi LPG Non Subsidi di 55 Pondok Pesantren Jateng Dapat Rekor Muri

  • Whatsapp
Intalasi PGN Nonsubsidi di 55 Ponpes di Jateng Dapat Rekor Muri

INDOPOLITIKA.COM- PT Pertamina telah memasang instalasi LPG nonsubsidi di 55 pondok pesantren di Boyolali, Jawa Tengah, untuk mengurangi ketergantungan LPG subsidi 3 kg.

General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY Iin Febrian mengatakan pemasangan instansi telah berlangsung sejak Juni 2019 lalu. Kata dia, program ini merupakan bagian dari misi Pertamina dalam mengkampanyekan penggunaan LPG subsidi secara tepat.

Baca Juga:

“Artinya, program instalasi ini secara tidak langsung memberikan kontribusi dalam penghematan kuota LPG 3 kg di wilayah Boyolali, yakni 13.500 kg atau setara dengan 4.500 tabung LPG 3 kg setiap bulan,” kata Iin dalam siaran pers, Sabtu (26/10/2019).

Sebelumnya, ada program instalasi ke-55 pondok pesantren masih menggunakan LPG 3 kg bersubsidi. Sebanyak 646 tabung LPG 3 kg telah ditukarkan oleh pihak pesantren dengan 322 tabung Brightgas 5,5 kg.

Iin menambahkan instalasi LPG nonsubsidi di 55 ponpes di Boyolali ini memecahkan rekor Muri. Kata dia, program seperti ini akan secara bertahap dilakukan di ponpes di kota-kota lain, seperti di Klaten dan Solo. Dia berharap seluruh ponpes yang mampu dapat menggunakan LPG nonsubsidi sehingga kuota subsidi dapat digunakan oleh mereka yang tidak mampu.

Sementara, Pimpinan Ponpes Darul Abror Hanif Amin berharap budaya penggunaan LPG nonsubsidi dapat menjadi teladan bagi pemimpin, pengurus dan para santri.

Pada saat yang sama, Pertamina MOR IV menggandeng 43 UKM di lingkungan ponpes Boyolali untuk menjadi mitra binaan yang akan mendapat pinjaman modal usaha senilai Rp2,5 miliar.

Adapun, pinjaman modal akan disalurkan pada akhir tahun ini. Pinjaman itu akan diberikan dengan bantuan pelatihan usaha dan managemen dengan misi meningkatkan kemampuan usaha kecil di ponpes. Agar menjadi tangguh dan mandiri sehingga dapat berkontribusi dalam menaikan kesejahteraan umat.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *