IPW Kalau Tidak Terbukti Korupsi Sofyan Basir Harus Dibebaskan

  • Whatsapp
Ketua IPW Neta S Pane

INDOPOLITIKA.COM- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengapresiasi hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang memvonis bebas Mantan Dirut PLN Sofyan Basir. Menurut Neta, keputusan majelis hakim Tipikor tersebut sudah benar. Karena mendasarkan putusan pada landasan hukum dan independensi hakim.

“IPW juga memberi apresiasi pada majelis hakim Pengadilan Tipikor yang sudah membebaskan Sofyan Basir karena tidak terbukti bersalah. Selama ini IPW menilai, hakim Tipikor cenderung takut memberi keputusan yang profesional dan independen,” katanya

Baca Juga:

Ketakutan hakim kata dia tentu beralasan. Para hakim yang memutus perkara korupsi khawatir akan terjadi aksi balas dendam lantaran keputusan tak sesuai keinginan KPK. Sehingga berpotensi menjadi target operasi KPK. Karena itu, para hakim dinilai lebih sering memutuskan perkara dengan menanggalkan sikap independensi.

“Mereka (Hakim Tipikor) sangat khawatir menjadi korban balas dendam dan Target Operasi oknum-oknum KPK. Padahal IPW melihat ada sejumlah kasus yang diajukan lembaga anti rasuha itu sangat lemah alat buktinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, komisioner baru dan Dewan Pengawas KPK harus mampu membersihkan lembaga itu dari manuver politik pihak-pihak tertentu. Menurut dia, kasus Sofyan Basir ini harus menjadi pelajaran berharga untuk komisioner yang baru dan Dewan Pengawas KPK agar tidak terulang kembali di kemudian hari. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *