Internasional

Iran Geram Dituduh Miliki Gudang Nuklir Rahasia oleh Israel

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif tepis tuduhan negaranya miliki situs nuklir rahasia. (Foto: AFP).

Teheran: Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menepis klaim Israel bahwa negaranya menyimpan gudang nuklir rahasia.
 
"Tidak ada yang akan mengaburkan bahwa Israel merupakan satu-satunya rezim di wilayah kita (Timur Tengah) yang memiliki program senjata nuklir rahasia dan yang tidak diumumkan," kata Zarif dalam akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Jumat 28 September 2018.
 
Baca juga: Netanyahu Klaim Iran Punya Situs Nuklir Rahasia.
 
Dia meminta Israel untuk mengakui dan membuka senjata nuklir ilegalnya kepada para penyelidik internasional.
 
Tanggapan keras dari Menlu Zarif ini dikeluarkan setelah tuduhan yang dibuat oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis 26 September dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB. Pidato itu pun dihiasi oleh banyak penggunaan alat peraga warna-warni yang telah menjadi ciri khasnya.
 
Netanyahu mengangkat sebuah peta dan sebuah foto "kompleks yang tampak biasa" dari luar. Namun menurut Netanyahu kompleks itu adalah gudang atom rahasia di Teheran dan mendesak badan atom PBB untuk memeriksa.
 
"Hari ini, saya mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa Iran memiliki fasilitas rahasia lain di Teheran. Gudang nuklir rahasia untuk menyimpan sejumlah besar peralatan dan peralatan dari program senjata nuklir rahasia Iran," katanya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close