ISEF 2019, Bakal Jadi Babak Baru Untuk Kembangkan Ekonomi Syariah 

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Bank Indonesia (BI), bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Kementerian Luar Negeri, terus bersinergi untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Hal itu antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang diselenggarakan pada 12 – 16 November 2019 di Jakarta Convention Center. Dengan tema ‘Sharia Economy for Stronger and Sustainable Growth’.

Baca Juga:

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Ekonomi Keuangan Syariah Suhaedi, mengatakan ISEF 2019 akan menjadi babak baru untuk mengembangkan sektor ekonomi keuangan syariah nasional ke level global dalam mewujudkan Indonesia sebagai rujukan (center of excellence) ekonomi keuangan syariah dunia.

“Pelaksanaan ISEF menjadi salah satu implementasi dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, untuk menjawab berbagai tantangan yang muncul dalam pengembangan ekonomi syariah, khususnya terkait industri halal di tanah air,” ujar Suhaedi di Gedung BI Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Dia melanjutkan, MEKSI memberikan panduan dalam memperkuat rantai nilai halal, keuangan syariah, UMKM, dan sekaligus memperkuat dari sisi ekonomi digital.

“Penguatan tersebut membutuhkan komitmen dan sinergi otoritas/lembaga yang tergabung dalam KNKS sehingga dapat menghasilkan berbagai program inisiatif,” ucapnya.

ISEF 2019 merupakan salah satu platform yang digunakan Pemerintah untuk mengintegrasikan kerja sama internasional, baik kerja sama antar-pemerintah. Maupun antar pelaku usaha dan para pemangku kepentingan lainnya dalam industri halal.

“Berbagai inisiatif kerjasama internasional dan kolaborasi antar lembaga akan terus didorong, di mana pemerintah juga tengah merencanakan Halal Summit 2020 dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal global,” tandasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *