Politik

Isra Mi’raj, Presiden SBY Minta Jaga Harmonisasi Umat Beragama

Memperingati Isra Miraj Presiden SBY meminta masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga harmonisasi kerukunan antar umat beragama. Presiden berpesan agar masyarakat senantiasa meningkatkan solidaritas umat dalam memelihara kehidupan yang harmonis.

“Esensi Isra Miraj juga mendorong kita untuk meningkatkan solidaritas umat dalam menjaga dan memelihara harmoni dalam kehidupan. Kehidupan yang inklusif dan tidak eksklusif; kehidupan yang harmonis dan serasi dalam sebuah bangsa yang majemuk,” ucap Presiden SBY dalam perayaan Isra Miraj di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (6/6/2013).

Menurutnya, setiap kali kita memperingati Isra Miraj, ada dua hal penting yang patut diteladani. Pertama, mengenang perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan ajaran Islam. Kedua meneladani perjuangan Nabi Muhammad yang amat berat untuk membangun umat, bangsa, dan negara melalui transformasi spiritual dan transformasi sosial.

“Kita harus banyak melakukan transformasi dalam membangun tata pemerintahan yang baik, mengembangkan partisipasi politik yang lebih luas, menghormati tatanan hukum, melindungi hak-hak asasi manusia, dan menegakkan keadilan sosial. Kita harus mengedepankan kehidupan demokrasi yang santun dan berakhlak mulia,” jelasnya.

SBY juga menyampaikan keprihatinannya kepada negara Suriah yang dilanda perang berlarut-larut. Dia mengajak agar segenap masyarakat mendoakan Suriah dan Libanon supaya cepat memperoleh perdamaian. (Dtk/JBN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close