Internasional

Israel Ancam Serang Aset Militer Iran di Irak

Menhan Israel Avigdor Lieberman di Dataran Tinggi Golan, 7 Agustus 2018. (Foto: AFP/JALAA MAREY)

Tel Aviv: Israel mengancam akan menyerang semua aset militer Iran di Irak, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Tel Aviv di Suriah. Ancaman dilayangkan menyusul laporan bahwa Teheran telah menyalurkan sejumlah rudal balistik ke Irak.

Avigdor Lieberman, Menteri Pertahanan Israel, menegaskan bahwa pihaknya akan "melawan" semua provokasi Iran.

"Kami tentu memonitor semua yang terjadi di Suriah. Mengenai ancaman Iran, kami tidak membatasi diri hanya untuk wilayah Suriah," kata Lieberman, dalam konferensi di Yerusalem, seperti disitir dari Telegraph, Selasa 4 September 2018.

Teheran mengirim puluhan rudal balistik jarak pendek ke Irak selama beberapa bulan terakhir, menurut sebuah laporan yang dipublikasikan akhir pekan lalu.

Rudal jenis Zelzal, Fateh-110, dan Zolfaqar milik Iran memiliki jangkauan sekitar 645 kilometer. Jika ketiga misil jenis itu ada di Irak, maka Israel masuk dalam jarak tembak.

Pasukan Quds, sayap militer mancanegara Korps Garda Revolusioner Islam (IRGC) Iran, memiliki basis di Irak selatan dan barat.

Israel secara teknis berperang dengan Irak. Tetapi kedua negara itu tidak secara terbuka berselisih dalam beberapa dekade terakhir.

Namun Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap penyaluran senjata Iran dan Lebanon ke Irak.

Sebelumnya, Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menyerukan peningkatan kekuatan militer Teheran. Seruan disampaikan di tengah ketegangan Iran dengan Amerika Serikat terkait perjanjian nuklir 2015.

Baca: Pemimpin Agung Iran Serukan Peningkatan Kekuatan Militer

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close