Internasional

Israel Buka kembali Penyeberangan ke Jalur Gaza

Perbatasan Erez. (Foto: AFP)

Tel Aviv: Israel kembali membuka satu-satunya jalan untuk masuk ke Jalur Gaza, setelah sepekan lebih ditutup akibat adanya kekerasan di sepanjang perbatasan dengan warga palestina.

"Penyeberangan Erez dibuka kembali karena situasi sudah aman dan kondusif," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, dikutip dari AFP, Senin 27 Agustus 2018.

Pembukaan ini terjadi setelah Mesir mengadakan pembicaraan dengan pejabat Palestina sebagai upaya untuk mencapai gencatan senjata jangka panjang dengan Israel.

Rata-rata, sekitar 1.000 warga Gaza menyeberang melalui Erez setiap harinya. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai perawat, pedagang, dan pelajar.

Jika jalur Erez diperuntukkan untuk manusia, jalur Kerem Shalom dikhususkan untuk barang. Meski tak ditutup seperti Erez, namun sejumlah tentara Israel berjaga di jalur Kerem Shalom.

Satu-satunya jalur untuk masuk ke Gaza yang juga bisa dilewati adalah perbatasan Rafah, perbatasan antara Gaza dan Mesir. Meski pernah ditutup beberapa tahun terakhir, namun Mesir telah membuka kembali perbatasan tersebut.

Akibat bentrokan sejak bulan lalu, setidaknya 172 warga Palestina dilaporkan tewas. Dan sekitar tiga tentara Israel pun tewas.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close