Internasional

Israel Evakuasi Relawan Helm Putih dari Suriah

Warga dan relawan Helm Putih mengevakuasi korban dari bangunan yang hancur terkena serangan udara di Suriah. (Foto: AFP)

Tel Aviv: Israel mengklaim telah mengevakuasi sejumlah anggota relawan grup Helm Putih (White Helmets) dari sebuah zona perang di Suriah barat daya, Sabtu 21 Juli 2018.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku melakukannya atas permintaan dari Amerika Serikat dan beberapa negara Uni Eropa.

Seperti dikutip dari BBC, sekitar 800 relawan Helm Putih dievakuasi Israel ke Yordania via Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. 

Helm Putih adalah sebuah grup relawan yang tugas utamanya adalah menyelamatkan warga sipil dari daerah konflik di Suriah. Meski hanya beroperasi di wilayah pemberontak, Helm Putih mengaku tidak berpihak dalam konflik Suriah.

Sementara pendukung rezim Presiden Bashar al-Assad dan sekutunya, Rusia, menuduh Helm Putih mendukung pemberontak dan juga memiliki kaitan dengan beberapa grup ekstremis.

Evakuasi dilakukan karena sejumlah relawan Helm Putih di Suriah barat daya terperangkap oleh operasi militer pemerintah. IDF mengaku menyelamatkan mereka dan juga warga sipil lainnya dalam sebuah operasi kemanusiaan.

IDF menyebut mereka semua dievakuasi via Israel dan nantinya akan ditransfer ke negara tetangga.

Meski Israel tidak terlibat langsung dalam konflik Suriah, kedua negara berada dalam status berperang selama berdekade-dekade.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close