INDOPOLITIKA.COM – Israel dikabarkan melancarkan serangan ke Iran. Media-media Amerika Serikat, termasuk ABC News, melaporkan bahwa Israel telah melakukan serangan ke Iran pada Jumat, 19 April 2024 malam. 

Meskipun jenis serangan atau senjata yang digunakan belum diketahui dengan pasti, serangan tersebut diyakini berasal dari Israel. 

Mengutip presstv, suara ledakan terdengar di dekat kota Isfahan dan Tabriz di bagian barat laut Iran akibat aktivasi pertahanan udara, kata sumber-sumber informasi. 

Laporan awal mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas penting di provinsi Isfahan, terutama fasilitas nuklir, sepenuhnya aman dan tidak ada kecelakaan yang dilaporkan.

Menyusul aktivasi pertahanan udara di Isfahan dan Tabriz untuk menghadapi kemungkinan target, tidak ada serangan dan ledakan berskala besar yang disebabkan oleh ancaman udara yang dilaporkan. 

“Suara ledakan itu terkait dengan sistem pertahanan udara Isfahan yang menembaki benda-benda mencurigakan dan kami tidak mengalami kerusakan atau kecelakaan,” kata Brigadir Siavash Mihandoust, komandan senior Angkatan Darat di provinsi Isfahan, Jumat. 

Sementara itu, Iran Airports Company mengkonfirmasi bahwa kondisi bandara normal dan penerbangan tetap dilanjutkan, termasuk Bandara Internasional Imam Khomeini dan Bandara Internasional Mehrabad di Teheran setelah penundaan sementara. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com