Internasional

Istri Najib Razak Didakwa 17 Tuduhan Pencucian Uang

Istri mantan PM Malaysia, Rosmah Mansor ditangkap KPK. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, didakwa 17 tuduhan pencucian uang dan penghindaran pajak. Dia menghabiskan malam di tahanan usai ditangkap Komisi Anti-Korupsi Malaysia kemarin, Rabu, 3 Oktober 2018.

Dakwaannya disampaikan di Pengadilan Kuala Lumpur sekitar pukul 8.30 waktu setempat.

Rabu kemarin, dia ditanyai selama hampir 13 jam. Dia diinterogasi pejabat anti-korupsi atas dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB), seperti dilaporkan Channel News Asia, Kamis 4 Oktober 2018.

Rosmah tersangkut karena suaminya juga terlibat kasus ini. Najib Razak kini berada di pengadilan untuk menjalani pra-persidangan atas tuduhan terkait 1MDB.

Najib, menghadapi 32 dakwaan mulai dari pencucian uang hingga penyalahgunaan kekuasaan dan pelanggaran kriminal kepercayaan dalam upaya mengungkap hilangnya miliaran dolar dari 1MDB.

Mantan pemimpin Malaysia tersebut membantah tuduhan yang diajukan kepadanya.

Najib dan Rosmah dilarang meninggalkan negara. Rumah mereka dan berbagai properti lainnya digeledah polisi sebagai bagian dari investigasi 1MDB.

Barang yang disita dari rumah mereka berharga hingga USD275 juta, termasuk tas tangan dan 423 jam tangan. Tak hanya itu, 12 ribu perhiasan, termasuk 1.400 kalung, 2.200 cincin, 2.800 pasang anting, dan 14 tiara juga disita KPK Malaysia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close