Internasional

Istri PM Israel Resmi jadi Tersangka Korupsi

Sara Netanyahu dan suaminya PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

Tel Aviv: Istri Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Sara Netanyahu, resmi menjadi tersangka korupsi. Ia dituding menerima suap dalam kasus yang dikenal dengan Case 4000.

Sara dituding melakukan penipuan dan pelanggaran kepercayaan serta menghabiskan lebih dari USD100 ribu atau setara dengan Rp1,475 miliar untuk makanan dan koki pribadi di kediaman resmi Netanyahu di Yerusalem.

Case 4000 adalah salah satu penyelidikan yang sedang bergulir terkait dengan keterlibatan Netanyahu dalam skandal korupsi. 

Dilansir dari Times of Israel, Jumat 31 Agustus 2018, skandal korupsi ini juga menjerat Kementerian Komunikasi Israel di mana Netanyahu merangkap jabatan sebagai menteri komunikasi, dan juga menjerat firma telekomuniasi Bezeq.

Dalam kasus ini, Netanyahu diduga mendatangkan keuntungan senilai 1 miliar Shekel atau setara dengan Rp1 triliun untuk Shaul Elovith, temannya yang juga pemegang saham utama Bezeq.

Sebagai imbalan, Elovitch memerintahkan media miliknya, Walla! News untuk selalu memberitakan kabar yang menguntungkan pemerintahan Netanyahu.

Saat ini, aset-aset Elovitch telah dibekukan polisi. Elovitch sendiri menyatakan dirinya tak bersalah atas tuduhan berlapis yaitu penipuan, penyuapan, pencucian uang, dan pelanggaran kepercayaan perusahaan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close