Internasional

Isu Imigran, Italia Ancam Hentikan Dana ke Uni Eropa

Wakil PM Italia Luigi Di Maio di Roma, 3 Juli 2018. (Foto: AFP/ANDREAS SOLARO)

Roma: Pemerintahan populis Italia mengancam menghentikan aliran dana ke Uni Eropa kecuali jika blok tersebut bersedia menampung sejumlah imigran dari total 150 yang berada di kapal penjaga pantai, Jumat 24 Agustus 2018.

Puluhan imigran tidak bisa turun dari kapal Diciotti di pelabuhan Sicilia karena dilarang pemerintah Italia. Roma tidak mau mengizinkan mereka turun sebelum ada komitmen dari UE.

Namun pertemuan tingkat tinggi beberapa anggota UE di Brussels pada Jumat tidak menghasilkan solusi cepat mengenai imigran di kapal Diciotti.

"Sekali lagi EU telah memutuskan mengabaikan Italia," ucap Wakil Perdana Menteri Luigi Di Maio di akun Facebook, seperti dilansir dari AFP.

"Kami tidak mempunyai pilihan kecuali mengambil langkah unilateral. Kami siap mengurangi aliran dana untuk UE," lanjut dia.

Di Maio sudah melayangkan peringatan sebelumnya, bahwa ia dan seluruh anggota partai Five Star Movement tidak akan lagi menggelontorkan dana 20 miliar euro per tahun untuk UE.

Tidak menunggu lama, UE langsung merespons ancaman Di Maio. "Komenter yang tidak konstruktif dan juga ancaman tidak akan membantu mencarikan solusi," sebut juru bicara Komisi Eropa Alexander Winterstein.

"UE adalah komunitas yang dibangun di atas peraturan, dan beroperasi berdasarkan aturan-aturan itu, bukan ancaman," sambung dia.

Keimigrasian adalah isu panas di Italia, dimana ratusan ribu imigran telah tiba di negara itu sejak 2013.

Di bawah aturan UE, para imigran harus mengajukan permohonan suaka di negara kedatangan. Namun pemerintahan baru Italia belakangan menolak hampir semua kapal imigran yang hendak berlabuh di sejumlah pelabuhan mereka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close