Isyaratkan Pemilu Sesuai Jadwal, Mahfud: Presiden Lantik KPU dan Bawaslu pada 12 April

Menko Polhukam Mahfud Md/tangkapan layar

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, Presiden Joko Widodo akan melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027 pada 12 April mendatang. Pada hari yang sama, Presiden Jokowi juga akan melantik anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ia menyampaikan pelantikan itu merupakan bukti pemerintah fokus mendukung persiapan Pemilu 2024.

“Ini sebagai bukti, bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 bersama dengan KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu,” ujar Mahfud melalui keterangan pers, Sabtu (9/4/2022).

Seperti diketahui, DPR telah menetapkan tujuh komisioner KPU dan lima anggota Bawaslu Periode 2022-2027, pada Februari lalu.

Ketujuh komisioner KPU yang telah ditetapkan, yakni Betty Epsilon Idrus, Hasyim Asyari, Muhammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan, lima anggota Bawaslu terpilih adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Mahfud menyampaikan, pemerintah tidak akan mengintervensi kerja KPU maupun Bawaslu. Ditegaskan, pemerintah akan turut menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 agar sesuai dengan ketentuan konstitusi dan undang-undang yang berlaku.

“Kepada KPU dan Bawaslu, diharapkan terus bekerja menyiapkan Pemilu sesuai dengan ketentuan konstitusi dan undang-undang Pemilu,” tutur Mahfud.

Diungkapkan Mahfud, pemerintah saat ini juga tengah fokus menyelesaikan masalah terkait kebutuhan pokok masyarakat, bahan bakar, dan lain-lain. Dia menyampaikan masalah-masalah tersebut merupakan isu global yang juga tengah dihadapi oleh negara-negara lain di dunia sekarang ini.

Meski demikian, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyampaikan pemerintah dan semua pihak bersyukur mengingat penanganan wabah Covid-19 di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik. Disebutkan, negara-negara lain seperti Tiongkok, India, dan Amerika Serikat masih menghadapi masalah wabah Covid-19.

“Sementara kita sudah memasuki proses pelandaian yang konsisten,” tutur Mahfud. [rif]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.