Iwan Bule Rangkap Jabatan, Polri Tidak Mempermasalahkan

  • Whatsapp
Muhammad Iriawan

INDOPOLITIKA.COM – Polri tidak mempersoalkan terkait terpilihnya Komjen Pol Mochamad Iriawan alias ‘Iwan Bule’ sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, yang belakangan menuai Kontroversi banyak pihak karena rangkap jabatan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan jabatan orang nomor satu di persepakbolaan Indonesia itu adalah karena sosok, bukan instruksi dari instansi.

Baca Juga:

“Ketua Umum PSSI adalah Muhammad Iriawan bukan polisinya dan itu tidak ada penunjukan dari institusi. Itu adalah hak beliau,” ucap dia di Mabes Polri, Selasa (5/11/2019).

Diakui Iqbal, Iwan Bule mendedikasikan sendiri untuk ikut dalam pemilihan tersebut. “Kalau kami lihat bersama, mekanismenya beliau ikuti semua. Demokratis. Status FIFA punya regulasi sendiri,” kata Iqbal.

Iqbal menegaskan Iwan Bule tidak mesti mengundurkan diri dari kepolisian, artinya dia bisa rangkap jabatan. “Tidak ada [mekanisme pengunduran diri], itu kembali ke beliau. Organisasi [PSSI] bukan organisasi politik. Beda kalau ia menjabat seorang menteri, lalu ikut kontestasi pemilu dan sebagainya, harus ada aturan,” ujar dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Iwan Bule saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional [Lemhanas]. Dia menang mutlak mengalahkan 10 kandidat lain saat penghitungan suara, Dari 85 pemilih yang berpartisipasi dalam kongres kali ini, 82 di antaranya memilih Iwan dan tiga pemilih memutuskan abstain.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *