Internasional

Izin Kapal Penyelamat Imigran Aquarius Dicabut

Sekelompok imigran menaiki kapal Aquarius. (Foto: AFP/CARLO HERMANN)

Jenewa: Aquarius, kapal penyelamat yang beroperasi di Laut Mediterania, dicabut izinnya. Aquarius biasa beroperasi untuk menyelamatkan kelompok imigran yang terombang-ambing di tengah laut.

Saat nanti merapat ke dermaga suatu negara, Aquarius harus menurunkan bendera maritim Panama yang selama ini berkibar selama pelayaran. 

Seperti dilansir dari kantor berita BBC, Senin 24 September 2018, Aquarius tidak akan diizinkan berlayar lagi tanpa ada bendera baru.

Dua badan amal yang berada di balik Aquarius menuding pemerintah Italia telah menekan Panama untuk mencabut izin pelayaran.

Medecins Sans Frontieres (MSF) dan SOS Mediterranee mengaku mendapat informasi mengenai pencabutan izin dari Otoritas Maritim Panama (PMA) pada Sabtu kemarin.

Panama menyebut Aquarius sebagai "masalah politik" bagi pemerintah.

Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini, yang sebelumnya menyebut kapal penyelamat seperti Aquarius sebagai "layanan taksi" bagi para imigran, menyangkal negaranya telah menekan Panama.

Minggu kemarin, dia menuliskan di Twitter bahwa dia "bahkan tidak tahu" apa kode nomor telepon negara Panama.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, lebih dari 1.700 imigran tewas ketika mencoba menyeberang ke Eropa via Mediterania pada 2018. Aquarius sudah beroperasi di Mediterania sejak Februari 2016.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close