Internasional

Izin Tinggal Rizieq Shihab di Arab Saudi Sudah Habis

Rizieq Shihab. (Foto: AFP)

Jakarta: KBRI Riyadh membantah adanya pencekalan Rizieq Shihab di Arab Saudi. Saat ini diketahui, izin tinggal Rizieq di Arab Saudi sudah habis.

Rizieq pergi ke Arab Saudi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus pornografi pada 2017. Hingga hari ini, terhitung Rizieq telah tinggal di Arab Saudi selama 1,5 tahun. 

Menurut peraturan Kementerian Luar Negeri RI, seorang WNI yang tinggal lebih dari enam bulan di sebuah negara, harus lapor diri ke KBRI atau KJRI terdekat.

"Berdasarkan penelusuran KBRI Riyadh, saat ini visa yang digunakan oleh yang bersangkutan telah melewati batas waktu yang ditentukan. Ia menggunakan visa kunjungan bisnis yang tidak bisa digunakan untuk bekerja," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel kepada Medcom.id. Jumat 28 September 2018.

Baca: Pemerintah tak Andil Pencekalan Rizieq Shihab di Arab

Visa yang digunakan Rizieq bersifat multiple (beberapa kali keluar masuk) dan berlaku satu tahun dengan izin tinggal 90 hari per sekali masuk.

Visa ini sudah habis masa berlakunya pada 9 Mei 2018 dan diperpanjang lagi dengan masa berlaku hingga 20 Juli 2018. Untuk perpanjangan visa, seorang warga negara asing harus keluar dari Arab Saudi untuk mengurus administrasi.

"Karena yang bersangkutan masih ada di Arab Saudi, maka dia sudah tidak memiliki izin tinggal di sini, atau statusnya menjadi overstayer," lanjut Dubes Agus.

Dubes Agus menekankan bahwa KBRI Riyadh, sesuai perintah dari Kementerian Luar Negeri RI, akan selalu melindungi WNI di Arab Saudi yang terkena masalah tanpa melihat suku, ras agama, dan partai apa pun.

Rizieq dilaporkan tak bisa keluar dari Arab Saudi ketika hendak pergi ke Malaysia untuk mengurus disertasinya. Sejumlah pihak seperti Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Rizieq dicekal dan ada andil dari pemerintah.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close