Jadi Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto Bisa Berangus Mafia Tanah?

Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto/tangkapan layar

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto berjanji menyelesaikan persoalan sengketa tanah di masyarakat.

Hadi mengungkap ada sejumlah permasalahan mengenai kepemilikan tanah. Dia menyebut sengketa terjadi antara masyarakat dengan instansi pemerintah.

Bacaan Lainnya

Daftar Ketua Umum Parpol di Kabinet Jokowi

“Sengketa tanah itu juga akan saya selesaikan. Sengketa tanah itu kemungkinan juga overlapping antara milik institusi atau dengan satuan lain dengan milik rakyat,” kata Hadi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6).

Ditemui terpisah, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni bicara hal serupa. Dia berkata sengketa tanah harus segera diselesaikan agar tak ada perselisihan di masyarakat.

Toni juga menyinggung soal mafia tanah. Dia berkata persoalan tersebut menjadi salah satu fokus Kementerian ATR/BPN.

“Ya salah satunya saya kira, salah satu problem terbesar kita tentunya adalah mafia tanah,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri pada Rabu (15/6). Dua di antaranya adalah Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni.

Beberapa waktu lalu, Jokowi menyoroti persoalan kepemilikan tanah. Ia pun memerintahkan anak buahnta membentuj tim khusus untuk menangani permasalahan itu.

“Kepada jajaran Polri saya minta jangan ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada,” kata Jokowi pada 22 September 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.