Jakarta Krisis Air, Anies Sebut Pasokan Air Bersih Aman

  • Whatsapp
Anies Baswedan

INDOPOLITIKA – Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG)mengatakan DKI Jakarta akan mengalami krisis air. Mengantisipasi hal tersebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk menghemat air.

“Jadi kita mengalami ini semua. Karena itu di seluruh, tidak hanya Jakarta, saya rasa siapapun sudah harus lebih hemat dalam penggunaan air. Apapun kegiatan kita, sebisa mungkin lebih hemat dalam penggunaan air. Lalu gunakan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali,” ujar Anies di Balaikota, Jumat (23/8).

Baca Juga:

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi kekeringan. Dia mengaku akan segera mengeluarkan instruksi gubernur untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta.

Sementara Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi musim kemarau. Dia memastikan pasokan air bersih untuk warga Jakarta aman.

Berdasarkan hasil koordinasi bahwa level ketinggian muka air di waduk Djuanda Jatiluhur masih pada level aman untuk menyuplai air baku ke Jakarta, dan diperkirakan akan tetap aman sampai musim kemarau saat ini usai,” ujar Hernowo.

Selain itu, lanjut Hernowo, pasokan air curah dari Tangerang untuk wilayah Barat Jakarta juga masih normal. Hingga saat ini, dia memastikan distribusi air melalui perpipaan di wilayah DKI Jakarta masih dalam kendisi normal secara keseluruhan.

“PAM JAYA masih terus berupaya untuk menambah cakupan layanan khususnya didaerah-daerah yang belum terjangkau air perpipaan (Jakarta Utara dan Barat. Terhadap wilayah yang masih belum mendapatkan akses air perpipaan (diluar wilayah yang akan dilayani oleh SPAM Hutan Kota), kami menyiapkan solusi jangka pendek dan sementara berupa pembangunan kios air di beberapa titik di Jakarta,” jelasnya.

Tahun ini, pihaknya akan membangun 25 kios air. Salah satu wilayah yang akan dibangun kios air yaitu daerah Semanan, Kalideres. Sedangkan untuk kondisi emergensi, PAM JAYA bersama Palyja dan Aetra juga menyiapkan mobil tangki. “Total mobil tangki sebanyak 26 mobil tangki.  Terdiri dari 5 tangki milik PAM Jaya, 6 tangki dari Aetra dan 15 tangki dari Palyja,” ucapnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *