Jakarta Potensi Tsunami

  • Whatsapp
Megathrust Selat Sunda

INDOPOLITIKA – Peneliti Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen), Nuraini Rahma menyebut potensi megathrust Selat Sunda tidak terlalu berdampak besar ke wilayah DKI Jakarta. Meski potensi tsunami akibat megathrust di Selat Sunda bisa saja terjadi di Jakarta.

Nuraini menuturkan beberapa wilayah yang akan terdampak besar akibat megathrust Selat Sunda yakni wilayah yang berada di Selatan Jawa seperti Pangandaran, Cianjur, Sukabumi, hingga Selatan Banten. Sedangkan, kata dia, Jakarta tidak akan terlalu terdampak parah meski goncangan dan tsunami bisa pula terjadi akibat megathrust Selat Sunda.

Baca Juga:

“Goncangan megathrust Selat Sunda bisa sampai terasa ke Jakarta, kalau tsunaminya kecil,” kata Nuraini usai menghadiri diskusi bertajuk ‘Potensi Megathrust Selat Sunda dan Seberapa Siapkah Kita?’ di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Nuraini menyebutkan dampak yang besar akibat megathrust Selat Sunda bisa saja dirasakan di wilayah Selatan Jawa.

Menurutnya, wilayah Selatan Jawa seperti Pangandaran, Cianjur, Sukabumi, dan Banten Selatan bisa terdampak gelombang tsunami hingga 20 meter akibat megathrust Selat Sunda.

“Tapi kalau Banten yang sudah di sisi Selat Sunda paling 8 meter. Kalau Jakarta lebih kecil lagi mungkin 1 meter enggak sampai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono mengingatkan terkait potensi ancaman megathrust Selat Sunda. Rahmat menyebut megathrust Selat Sunda merupakan ancaman yang nyata.

Bahkan, Rahmat memprediksi gempa megathrust mampu menembus jarak 200-250 km di laut lepas. Selain di Selat Sunda, gempa tersebut juga diprediksi merambat ke Laut Jawa, Bali, hingga sisi utara Papua.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *