Jaksa Agung Targetkan Kota Tangsel Segera Miliki Pengadilan Negeri, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Jaksa Agung ST Burhanuddin ditemani Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat akan meresmikan gedung baru Kejari Tangsel, Jumat (17/1/2020).

INDOPOLITIKA.COM – Jaksa Agung ST Burhanuddin berharap Kota Tangsel segera memiliki kantor Pengadilan Negeri (PN). Sebab, selain bisa memangkas jarak pelayanan warga ke PN Kota Tangerang, perkara di Kota Tangsel terbilang banyak.

Sehingga menurutnya akan efektif jika PN memang ada di kota yang dipimpin Airin Rachmi Diany ini. Burhanuddin pun akan mendorong Mahkamah Agung (MA) untuk segera membangun kantor Pengadilan Negeri (PN) di Kota Tangerang Selatan.

Berita Lainnya

Demikian hal itu disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin usai peresmian kantor baru Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Selatan (Tangsel) bertempat di Jl. Raya Promoter No. 1, Kel. Lengkong Gudang Timur, Serpong, Jumat (17/01/2020).

“Saya melihat perkara di wilayah Tangsel ini cukup banyak, agar lebih efektif dalam penanganan perkara, pembangunan Pengadilan Negeri harus berdekatan dengan kantor Kejari Tangsel dan tidak perlu lagi ke Kota Tangerang,” terangnya.

Diketahui, gedung Kejari Tangsel dibangun dengan biaya APBD Tangsel senilai Rp 45 miliar. Gedung ini dibangun 4 lantai dengan keseluruhan luas 9.600 meter persegi.

ST Burhanuddin juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi yang telah menghibahkan lahannya untuk Kejaksaan Negeri Tangsel serta mendukung penegakan hukum di wilayah Kota Tangsel.

Jaksa Agung ST Burhanuddin disaksikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menandatangani prasti Kejari Tangsel.

“Ini artinya kita berkomitmen akan terus menegakkan hukum dan keadilan. Gedung sangat bagus, tetapi ingat bahwa pelayanan kepada masyarakat yang utama,” tegasnya.

Burhanuddin juga menuturkan, hadirnya Kejari Tangsel diharapkan dapat memberikan keadilan kepada masyarakat. “Akhirnya tonggak itu berdiri, kami harap semua tetap independen dan selalu bersama rakyat,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany berharap kantor baru Kejari tersebut dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. “Mari kita bersama – sama mewujudkan pelayanan publik yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat,” katanya.

Airin juga menyampaikan, bila keberadaan kantor Kejaksaan ini merupakan upaya untuk memangkas birokrasi yang panjang. Sebab sebelum adanya Kejari Tangerang Selatan, berbagai urusan masih bergabung dengan Kejaksan Negeri Tiga Raksa.

“Ini juga jadi komitmen Pemkot untuk mewujudkan birokrasi yang terjangkau dan kehadirannya di Serpong dapat berdampak baik bagi pembangunan kedepan,” paparnya.[asa]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *