Ibu Kota Baru

Jalan Tol Calon Ibukota Baru Rampung Oktober

  • Whatsapp
Penampakan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dari atas udara/Foto Antara

INDOPOLITIKA.com- Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, Jalan tol Balikpapan-Samarinda, yang akan melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara atau calon ibu kota negara baru ditargetkan selesai dibangun Oktober tahun ini.

“Saat ini perkembangan konstruksi seluruhnya telah mencapai 97%. Kami optimis untuk Seksi II hingga Seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober ini. Sementara itu, Seksi V dan I yang merupakan dukungan konstruksi Pemerintah masih ada beberapa yang harus dikejar dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019,” jelas Danang dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Minggu (8/9).

Baca Juga:

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,35 kilometer. Jalan tol terdiri dari lima seksi, Seksi V Ruas Balikpapan (13 km) – Sepinggan (11,5 km), Seksi I Ruas Balikpapan (13 km) – Samboja (22,025 Km), Seksi II Ruas Samboja – Muara Jawa (30,9 km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,3 km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (17,5 km).

Jalan tol dengan investasi sebesar Rp9,97 Triliun ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah. Dalam pembangunan tol tersebut , pemerintah memberikan dukungan konstruksi di Seksi V dan Seksi I dengan total panjang 33,115 Km.

Dukungan ditujukan untuk meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut. Sementara untuk Seksi II hingga seksi IV sepanjang 66,235 Km, pembangunannya menggunakan dana dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).

Danang berharap keberadaan tol tersebut bisa mendukung penuh rencana pemindahan ibu kota negara yang saat ini sedang direncanakan Presiden Jokowi.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *