Internasional

Jamur Pinus, Hadiah Kim Jong-un untuk Presiden Korsel

Kim Jong-un beri jamur pinus sebagai hadiah untuk Presiden Korsel. (Foto: EPA-EFE).

Seoul: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghadiahi Presiden Korea Selatan (Korsel) dua ton jamur pinus. Hadiah ini diyakini senilai 1,5 miliar won atau sekitar Rp19,9 miliar.

"Korea Utara telah mengirim jamur pinus dengan hati mereka. Jamur ini membawa aroma pegunungan utara," kata Moon Jae-in, dilansir dari laman The Star, Minggu 23 September 2018.

Meski pun tidak diketahui tempat bertumbuhnya jamur tersebut, namun diyakini tanaman itu sebagai varietas kelas atas Korea Utara.

Menurut Federasi Koperasi Kehutanan Nasional Korea Selatan, tawaran terakhir jamur pinus alami kelas atas adalah 769.100 won atau sekitar per Rp10,2 juta per kilogram.

Juru Bicara Moon Jae-in mengatakan dua ton jamur yang dikirim pada Kamis lalu itu diberikan kepada 4.000 warga Korea Selatan yang terpisah dari keluarga mereka sejak Perang Korea.

"Jamur ini pasti akan tiba ketika Anda semua bisa merangkul orang yang Anda cintai," tukas Moon dalam kartu yang dikirim bersamaan dengan jamur tersebut.

Kim Jong-un dan Moon Jae-in bertemu di Pyongyang, ibu kota Korut pada Rabu pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, Kim mengabulkan permintaan Moon dengan mendaki Gunung Paektu bersama.

Kedekatan pemimpin kedua negara membawa angin segar bagi masalah perdamaian Korut dan Korsel. Kim bahkan berjanji akan mengunjungi Seoul, ibu kota Korsel, di waktu yang akan datang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close