INDOPOLITIKA.COM –  Isu perpecahan Walikota dengan Wakil Walikota Batam menjelang pilkada Batam 2024 yang menjadi perbincangan hangat di masyarakat melahirkan topik baru yakni siapa figur yang akan maju menggantikan Muhammad Rudi (HMR) yang sudah menjabat dua periode.

Di media sosial, Wakil Walikota Amsakar tampak sudah banyak dijumpai gerakan kampanyenya untuk mendapat dukungan. Sementara figur lain seperti Marlin Agustina masih bergerak normatif, lebih bekerja menjalankan tugas fungsi sebagai Wakil Gubernur Kepri.

Namun tampak locus kegiatannya lebih banyak di Kota Batam. Hal demikian memunculkan anggapan bahwa yang bersangkutan akan maju di Pilkada Kota Batam.

Dukungan terhadap Wagub Kepri untuk maju di Pilkada Batam juga terus bermunculan. Apalagi setelah terjadi konflik yang ramai di media sosial dimana Amsakar mengeluhkan dirinya tidak dilibatkan dalam aktivitas Pemko.

Padahal tadinya banyak anggapan Amsakar sebagai wakil HMR akan meneruskan estafeta kepemimpinannya. Dengan ramainya isu tidak dilibatkan ini akhirnya publik tahu bahwa HMR tidak menyiapkan wakilnya menjadi penerus.

Dukungan pada Marlin untuk maju meneruskan kepemimpinan HMR dapat dipahami. Kepuasan terhadap kepemimpinan HMR begitu tinggi karena dipandang bekerja membangun dan menata Kota Batam. HMR dinilai figur yang fokus kerja dan mengubah Batam menjadi kota bisnis dengan fasilitas dan infrastruktur yang baik.

Dalam konteks itu Marlin disebut pas meneruskannya. Nianda Zakira, mahasiswi Kota Batam yang juga berasal dari generasi zillenial, menyebut Marlin menjadi sosok yang tepat sebagai penerus estafeta kepemimpinan Kota Batam dan akan lebih sempurna jika didampingi Jefridin Hamid sebagai wakilnya. Jefridin kini menjabat sekda Kota Batam.

“Saya mendukung Ibu Marlin Agustina maju di Pilkada Kota Batam. Saya dan teman-teman juga berdiskusi mengenai calon wakilnya. Yang tepat menurut kami adalah Bapak Sekda Kota Batam sekarang yaitu Pak Jefridin Hamid,” ujarnya kepada media, Kamis (6/7/2023).

Nianda menyebut, Jefridin adalah sosok penting dalam kepemimpinan HMR. Sebagai sekda, Jefridin adalah manajer harian yang menjalankan perintah dan arahan walikota HMR dalam menjalankan program pembangunan Kota Batam. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com