Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok Pangan Nasional Dinilai Cukup

  • Whatsapp

Indopolitika.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Wakil Ketua Komisi VI DPR, Dito Ganinduto mengapresiasi Perum Bulog atas tercukupinya stok pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Namun demikian, beberapa komoditi pangan masih mengalami kenaikan harga, sehingga menurunkan daya beli masyarakat.

“Perum Bulog tadi menyampaikan, stok pangan yang dimililki saat ini cukup menjelang Lebaran, namun ada beberapa yang masih mengalami kenaikan harga. Komisi VI DPR mendorong Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar agar terjadi menurunkan harga pangan,” ujar Dito, usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Perum Bulog dan jajaran BUMN terkait di Gedung Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga:

Legislator daerah pemilihan (dapil) Banyumas dan Cilacap ini juga memuji langkah Perum Bulog yang melakukan ekspor, karena melimpahnya stok beras hasil produksi petani dalam negeri.

“Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Perum Bulog, Budi Waseso bahwa Bulog menjamin tidak akan melakukan impor. Bulog menjamin karena semua stoknya sudah cukup,” ungkap Dito.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, meski secara harga dan kualitas beras nasional masih kalah daripada beras impor, Komisi VI DPR tetap bersyukur akan meningkatnya ekspor beras, sehingga dapat menyerap stok beras petani dalam negeri. Meski begitu, Dito mengingatkan untuk tetap menjaga ketahanan pangan nasional.

“Meski kami mengapresiasi perihal ekspor, Komisi VI DPR minta Perum Bulog untuk tetap memperhatikan ketahanan pangan nasional. Jangan sampai, karena ekspor lantas kita kekurangan stok pangan. Mereka sudah menjamin bahwa stok pangan nasional aman,” pungkas Dito.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *