Jelang KTT ke-34 ASEAN, Indonesia Agendakan Tiga Misi Utama

  • Whatsapp
Presiden Jokowi Memimpin Rapat Jelang KTT Asean ke-34 (ist)

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas terkait persiapan kunjungan kerja kepala negara ke Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan KTT G-20, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

“Agenda pertemuan penting ini kita harus menggunakan momentum sebaik-baiknya untuk merebut peluang-peluang yang ada, terutama dalam rangka penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita,” kata Presiden saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca Juga:

KTT Ke-34 ASEAN di Bangkok akan diselenggarakan pada 22-23 Juni 2019.  Forum tersebut mengangkat tema “Memperkuat Kemitraan Bagi Keberlanjutan”. Sejumlah hal yang rencananya dibahas, yakni mengenai pertumbuhan ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta konektivitas di kawasan.

Menurut Presiden, Indonesia dalam KTT Ke-34 ASEAN akan mengajak seluruh negara anggota bersatu mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Indonesia juga mengangkat pemberantasan sampah di laut. “Kemudian yang ketiga yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar,” tambahnya. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *