Internasional

Jelang Pemilu, Obama Serang Trump dan Partai Republik

Barack Obama dalam acara di Illinois, AS, 7 September 2018. (Foto: AFP/Getty/SCOTT OLSON)

Illinois: Barack Obama menyerang Partai Republik karena dinilai gagal 'mengendalikan' Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jumat 7 September 2018. Pernyataan disampaikan menjelang pemilihan umum pendahuluan (midterm elections) yang akan digelar pada November mendatang.

Sejak meninggalkan Gedung Putih, presiden ke-44 AS itu menghindari mengkritik Trump secara terbuka. Obama biasanya mengkritik tanpa menyebut langsung nama Trump.

Namun dalam sebuah acara di Illinois, Obama melayangkan langsung kritiknya kepada Trump dan Republik.

"Apa yang sedang terjadi dalam Partai Republik?" tanya Obama. Ia juga menuduh Trump telah "mengkapitalisasi" "ketakutan dan kemarahan."

Merespons keributan sepekan lalu — terkait tuduhan adanya grup 'resistensi' rahasia di Gedung Putih — Obama mengecam opini Republik bahwa "pemerintahan akan berjalan baik-baik saja" karena beberapa staf Trump secara diam-diam tidak mengikuti arahan sang presiden.

"Bukan seperti itu demokrasi seharusnya berjalan," tegas Obama, merujuk pada buku karya jurnalis Bob Woodward yang menyebut ada beberapa staf Trump yang berusaha melawan presiden.

Mantan presiden dari Partai Demokrat itu menilai Republik "seolah tidak punya keberanian" untuk menantang Trump secara terbuka. Obama kesal karena Republik malah melawan "aksi konyol" Trump dengan "pernyataan samar yang mengecewakan."

"Mereka tidak bekerja untuk negara ini dengan mendukung 90 persen hal-hal gila yang keluar dari Gedung Putih kemudian berkata, 'Jangan khawatir, kami mencegah agar 10 persennya tidak terjadi.'" ungkap Obama.

Pidato Obama di Illinois menandai pembukaan dari rentetan kampanye untuk mendorong suara Demokrat menjelang pemilu pendahuluan pada November mendatang. Pemilu mendatang akan memperebutkan kursi Kongres dan 36 jabatan gubernur.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close