Jelang Hari Kelahiran OPM 1 Desember Polisi Papua Perketat Pengamanan

  • Whatsapp
Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen

INDOPOLITIKA.COM- Jelang Kelahiran Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, polisi memperketat pengamanannya. Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengaku, telah melakukan beberapa hal untuk menghadapi momen tersebut. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan.

“Langkah pertama kami lakukan konsolidasi internal, lalu kemarin (12/11/2019) saya datangi pos-pos Brimob yang ada di sekitaran Kota Wamena,” ujar Dominggus.

Muat Lebih

Selanjutnya, Dominggus juga mulai melakukan upaya penyisiran di seluruh plosok bumi cendrawasih itu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir upaya dari pihak tertentu yang menginginkan terjadinya gejolak di Papua.

Kata dia, segala upaya dilakukan demi menghindari aksi anarkis yang sebelumnya pernah terjadi pada 23 September lalu. Contohnya, para petugas Polres Jayawijaya, Papua disebar untuk mempersempit ruang gerak bagi oknum-oknum yang menginginkan kericuhan terjadi.

“Dalam mengantisipasi 1 Desember, tentu juga dalam memberikan pelayanan, perlindungan menjelang Natal, kami akan menaikan volume kegiatan kepolisian,” terang dia. “Kegiatan kepolisian itu berupa razia senjata tajam dan benda-benda terlarang lainnya. Ini akan dilakukan pada November ini sampai akhir tahun,”  tutur Dominggus.

Dominggus juga mengatakan, sejauh ini informasi dari Wamena pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) belum memperlihatkan tanda-tanda akan melakukan aksinya.

Meski demikian, polisi akan terus meningkatkan volume patroli guna menciptakan kedamaian di Papua

“Informasi perkembangan KKB belum ada, tapi seperti biasa banyak isu. Kami selektif dalam meresponsnya. Tapi tentu kami akan menaikan volume patroli dan razia,” kata dia. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *