Jenderal Idham: Bisa Jadi Blackout Jakarta Itu Kejahatan Cyber

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA – Kepala Bareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Idham Aziz mengendus kasus listrik padam alias blackout di Jakarta bisa jadi bagian dari kejahatan cyber. Untuk itu Jenderal Idham memerintahkan Direktur Direktorat Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri Brigjen Albertus Rachmad Wibowo untuk menyelidiki kasus listrik padam alias blackout yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (4/8/2019) siang hingga malam. Jenderal Idham mengatakan bias jadi kejadian itu merupakan bagian dari kejahatan cyber.

“Teroris sudah mengarah ke cyber, penipuan, narkoba, bahkan mungkin blackout tanggal 4 kemarin. Saya sudah bilang sama beliau (Albertus Rachmad Wibowo) dan jajaran tolong dilidik apakah ini hanya blackout biasa atau ada hubungannya dengan kejahatan cyber,” kata Jenderal Idham di acara launching portal Patroli Siber.id di gedung Bareskrim Mabes Polri, Rabu (14/8/2019).

Muat Lebih

Lebih lanjut Jenderal Idham mengatakan, Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri ke depannya memiliki tantangan besar. Sebab saat ini kejahatan di dunia itu lebih besar terjadi di dunia siber. Nah, dugaan mati lampu tersebut, kata Jenderal Idham, jika melihat kejadian serupa yang terjadi di beberapa negara seperti di ibukota Venezuela, Caracas dan di New York, Amerika Serikat. “Di Caracas terjadi (blackout), New York terjadi, London terjadi. Dan sangat mungkin kita di Indonesia terjadi,” pungkasnya. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *