Internasional

Jepang Khawatir Tiongkok Terus Tingkatkan Kekuatan Militer

PM Jepang Shinzo Abe (kiri) bersama Menhan Itsunori Onodera di gedung Kemenhan di Tokyo, 3 September 2018. (Foto: AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)

Tokyo: Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengingatkan bahwa Negeri Sakura tengah menghadapi situasi keamanan yang sulit, seiring peningkatan aktivitas militer Tiongkok dan Rusia.

Onodera juga menyebut Korea Utara masih merupakan "ancaman nyata" bagi Jepang.

"Tiongkok telah secara cepat meningkatkan kekuatan dan aktivitas militernya," ucap Onodera dalam pertemuan tahunan Pasukan Pertahanan Diri Jepang (SDF) di Tokyo.

"Mereka secara sepihak meningkatkan aktivitas militer di laut dan udara di sekitar negara kita. Hal ini telah menjadi kekhawatiran signifikan bagi pertahanan negara," lanjut dia, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Senin 3 September 2018.

Pernyataan disampaikan Onodera saat Jepang berusaha memperbaiki hubungan diplomatiknya dengan Tiongkok. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berharap dapat berkunjung ke Tiongkok bulan depan.

Saat berkuasa, PM Abe mengambil posisi tegas terhadap klaim Jepang terhadap serangkaian pulau di Laut China Timur. Hal tersebut memicu ketegangan dengan Tiongkok.

Namun, belakangan PM Abe menurunkan retorikanya, dan menyerukan kepada Tiongkok untuk menekan Korut agar menghentikan program nuklir dan misil balistik.

Selain Jepang, Rusia juga dinilai Onodera sedang meningkatkan kekuatan militernya.

Moskow berencana menggelar latihan militer terbesar sejak era Perang Dingin, dengan mendatangkan beragam persenjataan canggih — termasuk misil darat-ke-udara — ke deretan pulau sengketa Kuril Selatan.

"Kami melihat ada pergerakan (Rusia) dalam meningkatkan aktivitas militernya di wilayah Timur," sebut Onodera.

Ia juga menilai Korut masih tetap "menjadi ancaman nyata" bagi Jepang, meski rangkaian aktivitas diplomasi telah menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close