Internasional

Jepang Siap Bantu Indonesia Pulihkan Lombok

Gempa Lombok. (Foto: Antara).

Jakarta: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menyampaikan duka cita mendalam kepada Indonesia terkait dengan gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Saya menyampaikan simpati dan duka cita kepada Presiden RI Joko Widodo atas bencana gempa yang melanda Lombok. Duka cita saya untuk korban dan keluarga korban," kata PM Abe dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta kepada Medcom.id, Selasa 7 Agustus 2018.

Senada dengan PM Abe, Kono juga menyampaikan simpati dan duka cita atas terjadinya gempa Lombok kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. "Semoga Lombok dapat pulih kembali serta para warganya. Jepang menyampaikan duka cita mendalam untuk Indonesia," ujar Kono.

Selain itu, Kono menambahkan bahwa Jepang telah menyiapkan sejumlah bantuan yang dibutuhkan Indonesia. "Pemerintah Jepang telah siap untuk memberikan bantuan kepada Indonesia, kapanpun dibutuhkan," lanjut Kono.

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Beberapa gempa susulan pun masih terasa hingga dini hari tadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mencatat 98 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Sejumlah negara juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia, seperti Malaysia dan Singapura. Bahkan, Menteri Luar Negeri Malaysia Saiffudin Abdullah langsung menelepon Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk menawarkan bantuan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close