CapresPDI PerjuanganSurvei

Jika Paksakan Pasangan Jokowi-Puan, PDIP Menang di Pilpres Tinggal Kenangan

Isu santer Ketua Bapilu PDIP Puan Maharani telah menyatakan siap jadi cawapres Jokowi. Namun kombinasi Jokowi-Puan bukanlah opsi terbaik, jika dipaksakan mimpi PDIP menang Pilpres bisa tinggal kenangan.

Tak banyak lembaga survei menghitung elektabilitas Jokowi-Puan, karena memang pasangan ini tak pernah disebut dan diperhitungkan di percaturan politik nasional. Apalagi dengan perolehan suara tak sampai 25%, PDIP tak mungkin mengusung pasangan capres sendiri.

Salah satu lembaga survei yang mengukur elektabilitas Jokowi-Puan adalah Lembaga survei Pusat Data Bersatu (PDB) pimpinan Prof Didik J Rachbini. Hasil survei PDIP menunjukkan elektbailitas Jokowi puan masih berada di angka 4 persen, nyaris tak punya peluang di Pilpres mendatang.

PDB menggelar survei dengan metode wawancara via telepon pada 7-14 Maret 2014, sebelum Jokowi ditetapkan sebagai capres PDIP. Responden adalah 1.500 orang yang dipilih secara acak dari buku telepon 170 kota di 33 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%. (dt/ip/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close