Internasional

John McCain Tidak Mau Trump Datang ke Pemakamannya

Senator John McCain (kiri) dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI/MANDEL NGAN)

Washington: Senator John McCain menyatakan sederet permintaan terakhirnya saat berjuang melawan kanker otak beberapa bulan lalu. Salah satu permintaan terakhir itu adalah, ia tidak ingin Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghadiri pemakamannya.

Dua pria yang sama-sama dari Partai Republik itu beberapa kali terlibat adu argumen keras.

Baca: Senator John McCain Meninggal Dunia

Saat mengumumkan diri akan mengikuti nominasi calon presiden dari Republik pada 2015, Trump mengatakan bahwa banyak imigran Meksiko adalah kriminal dan pemerkosa. McCain mengecam keras pernyataan tersebut, dan menilai Trump hanya "mengobarkan semangat para orang gila di luar sana."

Trump merespons ucapan tersebut dengan mengatai McCain sebagai "orang bodoh" yang susah payah lulus dari Akademi Angkatan Laut AS.

Tidak berhenti sampai di situ, Trump melanjutkan serangan dengan menyinggung mengenai masa jabatan McCain di militer. Salah satu yang paling disorot adalah saat McCain menjadi tahanan perang selama lebih dari lima tahun di Vietnam. McCain memperoleh sejumlah penghargaan atas hal tersebut.

"Dia (McCain) menjadi pahlawan karena hanya ditangkap dan ditahan," sebut Trump. "Saya lebih menyukai prajurit yang tidak ditangkap," lanjut dia, seperti dikutip dari AFP.

Komentar tersebut memicu kecaman keras dari berbagai pihak, termasuk dari beberapa grup veteran perang.

McCain mengaku tidak tersinggung atas ucapan Trump tersebut. Namun ia mendorong Trump untuk meminta maaf kepada semua keluarga dari prajurit AS yang telah berjuang dalam perang.

Perseteruan Trump dan McCain berlanjut hingga 2016, saat muncul sebuah video yang memperlihatkan Trump berkata tak pantas mengenai wanita. McCain kemudian mengeluarkan pernyataan, bahwa dirinya "akan menggunakan hak suara untuk memilih politikus Republik yang baik dan layak menjadi presiden."

John Sidney McCain III meninggal dunia akibat kanker otak pada 25 Agustus 2018, pukul pukul 16.28 waktu setempat. "Istri dan keluarganya mendampingi ketika John meninggal," tulis pernyataan resmi kantor John McCain.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close