Jokowi Berikan Bantuan Modal Kerja Senilai Rp 2,4 Juta Bagi Pelaku UMKM

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal kerja kepada 60 pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM). Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per orang.

“Bantuan Modal Kerja ini memang isinya tidak banyak Rp2,4 juta, saya minta semua digunakan untuk tambahan modal kerja bapak ibu semua. Ini kita mulai dan akan diberikan ke jutaan pedagang kecil,” kata Jokowi saat menyerahkan bantuan di halaman tengah Istana Merdeka, Senin (13/7/2020).

Berita Lainnya

Jokowi mengakui kondisi pandemi virus corona (Covid-19) membuat usaha mikro dan kecil omzetnya jatuh hingga 50 persen. Menurutnya, kondisi ini juga dialami di hampir semua negara dan berdampak pada semua sektor usaha.

“Ada yang keuntungannya dari Rp200 ribu jadi Rp50 ribu, saya tahu, saya tahu, karena ini memang tidak terjadi di negara kita saja. Covid-19 terjadi di 215 negara kena semua kesehatan kena, ekonomi juga kena yang kena tidak hanya yang kecil, yang kecil, yang sedang, yang gede juga kena semua,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pemerintah pun memberikan bantuan modal kerja (BMK) kepada 60 orang pelaku usaha mikro dan kecil. Pemberian bantuan tersebut dibagi dalam dua kelompok yaitu 30 orang dan 30 orang di ruang terbuka dan seluruhnya memakai masker.

“Saya berbahagia sekali bisa bertemu dengan bapak ibu sekalian ada yang usahanya pedagang di pasar, pedagang kaki lima, asongan ada? Memang setiap bertemu memang maksimal hanya 30 orang,” ujarnya.

Pemerintah memulai untuk memberikan bantuan modal kerja ke usaha mikro dan kecil untuk bantuan modal kerja darurat.

“Semoga dengan bantuan modal kerja ini nantinya bapak ibu bisa menambah dagangannya, omzet bisa laku lebih baik, nanti kalau saya cek 3-4 bulan lagi Insya Allah sudah berada kembali normal lagi syukur lebih baik dari normal yang lalu,” kata Jokowi.

Presiden pun berpesan agar para pengusaha mikro dan kecil itu kembali bekerja keras di bidangnya masing-masing.

“Bantuan Modal Kerja ini memang isinya tidak banyak, cuma Rp2.4 juta. Saya minta semua digunakan untuk tambahan modal kerja bapak ibu semua. Ini kita mulai dan akan diberikan ke jutaan pedagang kecil,” tambah Presiden.

Presiden mengaku akan memberikan bantuan modal kerja ini kepada 12 juta pengusaha mikro dan kecil dan akan berkeliling ke seluruh kota di Indonesia. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *