Jokowi Depak Prabowo dari Istana?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Beredar di media sosial, sebuah klaim yang menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didepak dari Istana oleh Presiden Jokowi.

Klaim tersebut beredar dalam sebuah video berdurasi 10.04 menit yang dibagikan lewat saluran YouTube Suara Istana, Kamis (15/4/2021) lalu.

Berita Lainnya

Dalam klaim tersebut, juga disebutkan narasi bahwa karir Prabowo berakhir tragis di tangan Jokowi.

Berikut narasi yang dibagikan:

AKHIRNYA TERJADI..!!! DITENDANG DARI ISTANA, KARIR PRABOWO BERAKHIR TRAGIS DITANGAN JOKOWI”.

Lantas benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Indopolitika.com, klaim bahwa Jokowi depak Prabowo tersebut keliru.

Faktanya, hingga artikel ini ditulis, belum ada informasi resmi dan valid terkait klaim yang kadaung beredar itu.

Dalam video, juga tidak disebutkan informasi atau narasi yang menyatakan bahwa Prabowo disingkirkan dari Istana oleh Jokowi.

Video tersebut hanya berisi pernyataan terkait polemik pembentukan Detasemen Kawal Khusus oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto memang membentuk satuan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) yang bertugas untuk mengawal dirinya dan melakukan pengamanan internal.

Kehadiran Detasemen Kawal Khusus tersebut mendapatkan respons positif dan negatif dari jajaran pemerintahan.

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Azhar mengatakan, Dewalsus bertugas melakukan pengamanan, pengawalan, dan menyambut tamu VVIP seperti menteri pertahanan atau pejabat militer negara lain yang berkunjung ke Indonesia.

Di sisi lain, menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memandang bahwa pembentukan Dewalsus bukan permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan.

Anggota Komisi I DPR RI, Saifullah Tamilha melalui juga menambahkan bahwa pengawalan terhadap Menhan sudah disiapkan oleh Mabes TNI dan pengawalan dilakukan secara berlapis oleh Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Meski menuai polemik, sampai saat ini belum ada informasi terang yang mengatakan bahwa Jokowi menyingkirkan Prabowo dari pemerintahan.

Dari penjelasan di atas, mengacu pada seluruh referensi, headline dalam video tersebut, klaim Jokowi menyingkirkan Prabowo dari Istana adalah hoaks. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *