Jokowi Dinilai Pragmatis, Hensat: Engga Aneh, Dari Dulu Memang Begitu

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat diwawancara koresponden BBC Asia.

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat Politik Universitas Paramadina membenarkan penilaian media asing yang menyebut Presiden Jokowi kini menjadi sosok yang sangat pragmatis. Malah, Pendiri Lembaga Survey Kedai Kopi itu justru menilai, sikap pragmatis Jokowi bahkan sudah sejak lama.

Karena itu, Hensat mengaku tidak kaget jika ‘pelabelan’ pragmatis oleh media asing tersebut disampaikan lagi. “Dari dulu Jokowi pragmatis” ujarnya ketika dihubungi Indopolitika.com, Jumat, (14/2/2020).

Baca juga:

Jokowi, kata dia, dikenal dengan taglinenya, kerja. Boleh jadi, kerja infrastruktur yang massiv itu menjadi sesuatu yang sangat penting bagi Jokowi. “Jokowi kan orangnya suka kerja, hasil yang keliatan dan bisa disentuh jadi penting buat dia,” katanya.

Bahkan, pribadi Presiden Jokowi yang pragmatis itu sudah nampak sejak awal periodenya menjabat. Karena itu, bukanlah sesuatu yang aneh bila kemudian hari media asing menilainya pragmatis.

“Sejak periode pertama emang begitu (pragmatis). Gak salah, setiap Presiden punya prioritas sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam salah satu judul pemberitaan yang dicantumkan BBC, Jokowi dinilai reformator yang berubah pragmatis. Saat melakukan wawancara ekslusif dengan Presiden Jokowi, koresponden BBC Asia, Karishma Vaswani, sempat memuji Jokowi sebagai sosok reformator hebat, harapan jutaan masyarakat Indonesia yang mempercayakan nilai demokrasi dibawah kepemimpinannya.

Namun kini, lanjut Karishma, Indonesia kehilangan sikap toleransi, minoritas tidak lagi dilindungi, masyarakatnya dan kebebasan pers tidak lagi bebas menyampaikan kritik layaknya sebuah negara demokrasi.

Ditanya seperti itu, Jokowi sempat menggelengkan kepala sebelum akhirnya menjawab pertanyaan Karishma. Menurut Jokowi, saat-saat ini, di depan Istana Negara, masih tetap ada demo dari masyarakat. Bahkan hampir setiap hari. Itu biasa, itu demokrasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *