Internasional

Jokowi: Dukungan ASEAN Buat Indonesia Kuat

Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong di ASEAN Leaders Gathering, Bali. (Foto: Dok. Kemenlu RI).

Nusa Dua: Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas dukungan negara-negara anggota ASEAN kepada Indonesia. Dukungan tersebut diberikan saat Indonesia diterpa bencana alam beberapa kali.

"Saya ingin menggunakan menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas doa, solidaritas dan kerja sama yang diberikan oleh para sahabat Indonesia. Dukungan kalian membuat kami kuat," ucap Jokowi dalam pertemuan ASEAN Leaders Gathering di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018.

Baca: Lima Saran Presiden Jokowi untuk Kemajuan ASEAN

Jokowi menuturkan langkah Indonesia selanjutnya adalah melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah yang terkena dampak. Dia memperkirakan akan dibutuhkan waktu setidaknya dua tahun untuk pembangunan kembali.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia bekerja keras untuk membantu para korban dan keluarganya. Saat ini, kami masih fokus pada penanganan tanggap darurat dan mudah-mudahan dalam satu atau maksimum dua bulan tanggap daruraat bisa kita selesaikan," tuturnya.

Gempa dan tsunami yang menghantam Sulawesi Tengah akhir bulan lalu menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Sementara itu, dari keterangan di lapangan, lebih dari 2 ribu orang ditemukan tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Indonesia juga membuka bantuan internasional untuk para korban. Namun, bantuan tersebut harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Indonesia.

Baca: Update: Jumlah Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

Hingga saat ini, pencarian korban masih terus dilakukan. Program pemulihan bencana juga sudah diberikan. Diharapkan dengan program tersebut Sulawesi Tengah bisa pulih dengan cepat dan kembali normal.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close