Jokowi: Ikrar Pemuda di Tahun 1928 Masih Bergema, Mari Bersatu Lewati Masa Sulit

  • Whatsapp
Presiden Jokowi

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuliskan pesan khusus pada pada momentum Hari Sumpah Pemuda kali ini di akun media sosialnya. Dia mengatakan, tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda dari seluruh nusantara berkumpul.

Pada momen 92 tahun lalu, para pemuda melupakan semua perbedaan dan berkomitmen untuk bersatu. Saat itu, ujarnya, para pemuda bersumpah menjadi satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Berita Lainnya

“Mereka melupakan perbedaan, mengumandangkan ikrar bersama, seraya menganyam impian tentang Indonesia yang ber-Tanah Air, berbangsa, dan berbahasa yang satu: Indonesia,” katanya dikutip dari akun media sosialnya, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, persatuan dan kerja sama merupakan kunci utama untuk mencapai Indonesia maju. Menjadi Indonesia, tak cukup sekadar menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Jokowi menilai, seluruh pemuda harus bisa bekerja sama menjaga rasa persaudaraan.

“Kita harus saling membantu satau sama lain dalam semangat solidaritas. Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatra, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada adalah suadara sebangsa dan setanah air. Persatuan harus terus kita perjuangkan dengan menghargai perbedaan,” kata Jokowi.

Dari sisi pemerintah, mewujudkan Indonesia satu diupayakan dengan melakukan pembangunan yang merata. Jokowi menjabarkan, pembangunan dilakukan dengan prinsip Indonesia-sentris, yakni membangun dari pinggiran hingga perbatasan.

“Dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan, maka masyarakat Papua, Aceh, dan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah merasa menjadi bagian dari Indonesia. Merasa memiliki Indonesia, serta ikut berkontribusi untuk memajukan Indonesia,” kata Presiden.

Jokowi menilai semangat ikrar itu masih bergema hingga saat ini. Menurutnya, semangat dan tekad para pemuda tetap menyala-nyala dalam menghadapi masa sulit.

“Semangat, tekad, dan cita-cita pemuda Indonesia tetap menyala-nyala. Mari, bersatu melewati masa-masa sulit pandemi ini, bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju,” sambung Jokowi. [rif]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *