Jokowi Ingatkan Kementerian Rem Belanja Produk Luar Apalagi Cuma Masker

  • Whatsapp
Presiden saat memberikan pengantar pada rapat, Selasa (7/7), di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta. (Foto: BPMI)

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran kabinetnya, terutama kementerian dengan anggaran besar untuk mempercepat belanja pemerintah guna menggerakkan perekonomian dalam negeri.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar kebiasaan belanja ke luar dihentikan dan lebih mengoptimalkan produk dalam negeri. “Saya kira belanja-belanja yang dulu belanja ke luar, direm dulu. Beli, belanja, yang produk-produk kita. Agar apa? Ekonomi kena trigger, bisa memacu growth kita, pertumbuhan (ekonomi) kita,” kata Presiden di Jakarta, kemarin.

Berita Lainnya

Terkait dengan kebutuhan medis, Presiden Jokowi mengungkap bahwa saat ini sejumlah kebutuhan medis untuk penanganan pandemi Covid-19 telah mampu diproduksi di dalam negeri. Di antaranya ialah stok obat, alat uji PCR, hingga alat uji cepat Covid-19.

“Jangan ada lagi beli yang dari luar apalagi hanya masker, banyak kita produksinya. APD (alat pelindung diri) 17 juta produksi kita per bulan. Padahal kita pakainya hanya kurang lebih 4 sampai 5 juta (unit). Hal-hal seperti ini saya mohon Bapak/Ibu Menteri, Pak Sekjen, Pak Dirjen, tahu semuanya masalah dan problem yang kita hadapi,” ucapnya.

Menutup arahannya, Kepala Negara sekali lagi mengingatkan jajarannya untuk dapat bekerja luar biasa melebihi apa yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya. Sejumlah hal menurutnya masih harus terus diperbaiki dan ditingkatkan pelaksanaannya untuk kebutuhan masyarakat luas.

“Jangan sampai menganggap kita ini masih pada situasi biasa-biasa saja. Saya melihat stimulus ekonomi ini belum (tuntas), bansos sudah lumayan, kesehatan masih perlu dipercepat, stimulus ekonomi baik untuk yang UMKM maupun yang tengah dan gede, belum (tuntas),” ujarnya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *