Tanggapi Pengunduran Diri Wakil Ketua KPK Saut Sutumorang

Jokowi: Itu Hak Seseorang Untuk Mundur dan Tidak

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Pasca Komisi III DPR menetapkan lima pimpinan KPK periode 2019-2023 pada (13/9) dinihari, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang langsung mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Hal itu ditanggapi dingin Presiden Jokowi.

“Ya itu hak setiap orang. Untuk mundur dan tidak mundur adalah hak pribadi seseorang,” ujar Jokowi saat jumpa pers di Istana, Jumat (13/9).

Baca Juga:

Seperti diberitakan, Jumat pagi pagi Saut Situmorang memilih mundur dari kursi pimpinan KPK, pasca DPR memilih lima orang komisioner KPK baru periode 2019-2023. Sikap Saut ini diduga banyak kalangan lantaran dipicu kekecewaan Saut terhadap adanya pimpinan KPK terpilih yang dinilai cacat etik.

“Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK, terhitung mulai Senin 16 September 2019,” kata Saut melalui surat elektronik yang dikirim ke seluruh pegawai KPK.

Dalam surel itu, Saut berkata masih ada dua kegiatan lagi di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019, untuk Jelajah Dongeng Antikorupsi.

“Terlebih dahulu, saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Pimpinan KPK Jilid IV [Bunda BP, Bro Alex M, Bro LM Syarif, dan Pak Bro Ketua Agus R] Struktural, Staf, Security, semua OB yang membersihkan ruangan saya setiap hari dan yang membantu menyiapkan makanan,” kata Saut.

Saut mengucapkan terima kasih kepada para pegawai yang melekat padanya selama hampir 4 tahun kurang beberapa bulan bersama.

“Saya mohon maaf karena dalam banyak hal memang kita harus bisa membedakan antara Cemen dengan penegakan 9 nilai KPK yang kita miliki (Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani, dan Adil) yang kita tanamkan dan ajarkan selama ini, sebagai bagian dari nilai di KPK, yaitu RI-KPK (Religius, Integritas, Kepemimpinan, Profesional, dan Keadilan). Mari kita pegang itu sampai kapan pun,” ungkap Saut.[sgh]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *