Jokowi: Jangan Kufur Nikmat, Syukuri Pertumbuhan Ekonomi Kita Saat Ini

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri acara perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem di JI-Expo Convention Centre, Kemayoran, Jakarta, Senin, (11/11/2019). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

INDOPOLITIKA.COM – Kondisi perekonomian global yang tidak menentu dalam beberapa tahun terakhir telah membuat sejumlah negara mengalami resesi atau menuju resesi. Tekanan eksternal tersebut dirasakan oleh semua negara, tak terkecuali Indonesia. Satu yang patut disyukuri: perekonomian Indonesia bisa stabil di tengah gejolak global tersebut.

 “Kita patut bersyukur alhamdulillah masih berada di posisi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Jangan kufur nikmat. Harus kita syukuri alhamdulillah bahwa kita masih diberikan pertumbuhan ekonomi di atas lima (persen),” kata Joko Widodo, kemarin.

Muat Lebih

Ia memberi contoh negara-negara lain yang sebelumnya memiliki pertumbuhan ekonomi 5 persen, kini nyaris mendekati 0 persen. Ada juga negara yang sebelumnya tumbuh 7 persen, kini malah minus. Jokowi pun mengajak semua pihak untuk membenahi salah satu permasalahan ekonomi Indonesia.

“Oleh sebab itu, ini agak serius, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melihat betapa berpuluh tahun kita menghadapi defisit neraca transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan yang tidak bisa kita tangani secara baik,” imbuhnya.

Mantan Walikota Solo itu menegaskan bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju untuk melihat lebih rinci dan membenahi urusan ekspor dan impor. Dengan demikian, diharapkan “penyakit” defisit neraca transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan bisa dicari solusinya.

“Saya meyakini, apabila ada konsistensi terus menerus, saya yakin penyakit ini akan bisa kita selesaikan dalam waktu 3 sampai 4 tahun yang akan datang,” tegasnya.

“Impor minyak, kurangi. Produksi minyak dalam negeri, tingkatkan. Refinery, bangun. Produksi B20, B30 sampai B100, jalankan. Jangan sekali-kali ada yang main-main dengan yang baru saja saya sampaikan,” tandasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *