Jokowi Kemungkinan Terbitkan Utang Baru

  • Whatsapp
Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam

INDOPOLITIKA.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam menyoroti melebarnya realisasi defisit anggaran per Oktober, yang melebar menjadi Rp289 Triliun atau meningkat 22% apabila dibandingkan realisasi defisit tahun sebelumnya.

Ecky mengatakan, membengkaknya defisit ini merupakan cerminan belum optimalnya Pemerintah dalam mengelola anggaran, dan belum adanya skema mitigasi shortfall pendapatan yang cukup jelas.

Muat Lebih

Dia pun mengungkapkan, bahwa membengkaknya defisit artinya Pemerintah akan menerbitkan utang baru. “Utang yang terus menumpuk dan tidak dikelola dengan baik justru dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi, serta membuat ekonomi Indonesia rentan akan external shock,” kata Ecky di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Politisi dari Dapil Jawa Barat III ini pun meminta kepada Kementerian Keuangan untuk terus mewaspadai berbagai pos penerimaan negara, terutama PNBP yang cenderung memiliki volatilitas tinggi.

“Pemerintah saat ini masih belum memiliki desain yang baik untuk mengatasi volatilitas PNBP, terutama karena masih bergejolaknya harga minyak global,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *