Jokowi Libatkan Maruf Amin dan Jusuf Kalla Susun Kabinet

  • Whatsapp
Kabinet Jokowi Periode Pertama (ist)

Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding mengatakan Presiden Joko Widodo melihat dua orang wakil presiden menyusun kabinet periode kedua. Jokowi melibatkan wapres saat ini Jusuf Kalla dan wapres terpilih Maruf Amin.

“Yang saya tahu kiai Ma’ruf dan pak Jusuf Kalla diajak untuk mendiskusikan dan membicarakan soal formula susunan kabinet yang akan datang,” ujar Karding saat dikonfirmasi, Rabu (31/7).

Baca Juga:

Hal itu menanggapi pernyataan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid yang menyatakan sewajarnya Jokowi melibatkan Ma’ruf Amin dalam menyusun kabinet.

Karding menyebut orang yang berada di luar tidak perlu memberikan pernyataan yang tidak dia ketahui. Apalagi soal penyusunan kabinet.

“Sebaiknya teman-teman yang tidak mengerti masalah tidak bicara lah. Soal-soal kabinet apalagi berada di luar KIK itu tidak patut dan tidak baik,” ucapnya.

Sebelumnya, Hidayat Nur Wahid menilai Jokowi dan Ma’ruf harusnya menyusun kabinet bersama. Keduanya terpilih dalam satu paket. Menurut Hidayat, tidak dipungkiri pula Ma’ruf berperan untuk kemenangan Jokowi di periode kedua. Terutama kemenangan di Jawa Timur karena Nahdlatul Ulama.

“Tidak bisa dimungkiri Pak Ma’ruf punya andil signifikan dalam kemenangan Pak Jokowi. Kemenangan di Jatim dan Jateng ada komunitas NU yang sangat luar biasa, di situ ada Pak Ma’ruf Amin,” ujar wakil ketua MPR itu.

Diberitakan, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin mengakui tidak terlibat dalam penyusunan nama calon menteri. Ma’ruf juga mengatakan, tidak memberikan masukan nama untuk ditaruh dalam kabinet kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya? Enggak lah. Masa saya beri masukan,” ujar Ma’ruf ditemui di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (23/7).

Ma’ruf Amin mengatakan, yang berhak memberikan masukan adalah partai politik. Sedangkan, Ma’ruf hanya menerima laporan dari Jokowi apabila sudah diseleksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *