Jokowi Masih Butuh Wakil Menteri, Adakah Peluang Untuk Demokrat Masuk?

  • Whatsapp
Kabinet Jokowi Jilid II

INDOPOLITIKA.COM- Partai Demokrat masih memiliki harapan untuk masuk dalam Susunan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pasalnya, susunan Kabinet Indonesia Maju ini masih belum dirampungkan oleh Presiden Jokowi. Jokowi masih mencari orang untuk ditempatkan di posisi wakil menteri.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi masih mempertimbangkan orang-orang yang akan diambil apakah dari kalangan partai politik atau dari kalangan profesional.

Baca Juga:

“Lagi dibicarakan tadi, lagi dihitung-gitung bukan jumlahnya, tapi ngitung dari mana, untuk keseimbangan, masih dibicarakan,” kata Moeldoko di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (24/9/2019).

Moeldoko menambahkan wakil menteri itu nantinya akan ditaro di kementerian mana saja. Namun Moledoko enggan membuka berapa jumlah kementerian yang membutuhkan wakil menteri

Moledoko juga mengakui, pos wakil menteri diadakan untuk menampung orang-orang yang belum terakomodir.

“Menjaga keseimbangan, ini kan ada sini kurang terwadahi, ini kurang terwadahi, harus ada,” kata dia.

Sebelumnya, Perwakilan Demokrat tidak ada yang masuk dalam susunan menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 mendatang. Padahal jauh sebelumnya, nama Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah digadang-gadang untuk menempati salah satu pos menteri diperiode kedua Jokowi.

Kenyataannya, saat proses pemanggilan calon menteri sejak Senin 21 Oktober 2019 sampai Selasa 22 Oktober, nama AHY tak kunjung dipanggil oleh Presiden Jokowi. Meskipun,  SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan AHY sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Tidak dipanggilnya AHY masuk dalam pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi membuat Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono enggan berkomentar banyak terkait dengan susunan Menteri Indonesia Maju. Edhi menyebut, saat ini partainya dalam posisi pasif, menonton dan melihat euforia pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 mendatang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *