Jokowi Minta Jika 5 Rumah Positif Covid-19, 1 RT Lockdown

  • Whatsapp
Stok Vaksin Cukup, Menkes Minta Daerah Akselarasi Vaksinasi COVID-19

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo meminta agar pemerintah daerah bersama TNI/Polri melakukan tes Covid-19 kepada seluruh warga di satu Rukun Tetangga (RT) apabila banyak diidentifikasi klaster keluarga yang terjadi di kawasan tersebut.

Permintaan Jokowi itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

Berita Lainnya

“Fokusnya bukan hanya hilir, rumah sakit. Tapi lebih penting lagi di sisi hulu bagaimana mencegah yang sehat jatuh sakit,” kata Menkes Budi.

Menurut Menkes, jika dalam suatu RT ditemukan lima rumah yang terinfeksi Covid-19, maka akan dilakukan penyekatan total di wilayah tersebut.

“Kalau sudah 5 rumah terkena kita penyekatan spesifik di lingkungan tersebut dengan bantuan TNI/Polri,” kata Budi.

Menkes Budi menambahkan, pada saat penyekatan kalau daerahnya padat isolasi dilakukan secara terpusat.

Harus tersebar ke banyak daerah tersebut, baik kecamatan maupun kelurahan. Hal tersebut bertujuan bisa mengurangi beban isolasi terpusat.

“Selama 2 minggu dicukupi dengan dropping makanan dengan mekanisme gotong royong yang merupakan kekuatan Indonesia. Pemerintah support dengan diawasi TNI/Polri,” tandasnya. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *