Jokowi Minta Prabowo Belanja Alusista Buatan Dalam Negeri

  • Whatsapp
Presiden Jokowi untuk pertama kali bertemu dengan Capres 02 Prabowo Subianto, di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7) pagi

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh menterinya untuk menekan impor atau belanja dari luar negeri di tengah kondisi ekonomi global yang tak menentu akibat pandemi corona. Langkah ini perlu diambil agar ekonomi dalam negeri bisa kembali berdenyut.

Termasuk juga pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista), Jokowi meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membelinya dari perusahaan dalam negeri. Hal tersebut Jokowi sampaikan saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Berita Lainnya

“Dan saya titip beli produk dalam negeri. Misalnya di Kemenhan, bisa saja beli di DI, beli di Pindad, beli di PAL, yang bayar di sini ya cash cash cash APBN. Beli produk dalam negeri, saya kira Pak Menhan (Prabowo) lebih tahu mengenai ini,” kata dia.

Kemenhan menjadi salah satu kementerian yang mendapatkan anggaran belanja yang cukup besar, yakni sebesar Rp 117,9 triliun. Terkait hal tersebut, ia bilang akan memantau penggunaan anggaran. Bahkan ia akan melihat secara harian untuk memastikan belanja pemerintah dapat dikeluarkan dengan cepat.

“Saya minta semuanya dipercepat, terutama yang anggarannya besar-besar. Ini Kemendikbud ada Rp70,7 triliun, Kemensos Rp104,4 triliun, Kemenhan Rp117,9 triliun, Polri Rp92,6 triliun, Kementerian Perhubungan Rp32,7 triliun,” kata dia.

Dia menegaskan, pembayarannya juga harus dilakukan dengan menggunakan uang tunai agar kondisi perekonomian Indonesia cepat pulih. Pasalnya, belanja dalam negeri menjadi kunci dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *