Internasional

Jokowi Pimpin Pertemuan Kepala Negara se-Asean

Pertemuan ASEAN Leaders gathering berlangsung di Nusa Dua, Bali. (Foto: Annisa Ayu Artanti/Medcom.id).

Nusa Dua: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong hari memimpin pertemuan kepala negara se-ASEAN (ASEAN Leader's gathering/ALg).
 
Pertemuan petinggi ALg tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres; Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim; dan Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde.
 
Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri, Kamis 11 Oktober 2018, pada pertemuan itu, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Perekonomian, Darmin Nasution; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.


Presiden Joko Widodo saat bertemu Sekjen PBB Antonio Guterres di Bali. (Foto: Biro Pers Setpres). 

Dalam pertemuan tersebut, setiap kepala negara dapat menyampaikan upaya dan kebijakan yang telah diambil dalam upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di kawasan. Pertemuan ALg diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi negara-negara anggota ASEAN.
 
Di samping itu, Pertemuan ALg diharapkan juga dapat meningkatkan efektivitas kerja sama, sinergi dan kolaborasi antara ASEAN dengan IMF, Bank Dunia dan PBB dalam menghadapi tantangan untuk promosi pertumbuhan berkelanjutan, mengatasi kesenjangan, dan membantu pencapaian SDGs.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close