Jokowi: Polri, Jaksa Agung, BIN Semua Ada Wakilnya, Masa TNI Tidak

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Presiden Jokowi resmi hidupkan kembali jabatan wakil panglima (Wapang) TNI. Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66/2019 jadi payung hukumnya.

Jokowi mengungkapkan alasannya menghidupkan kembali jabatan Wapang. Menurut dia, fungsi Wapang nantinya untuk meringankan kerja panglima TNI.

Baca Juga:

“TNI itu besar. Butuh pengelolaan. Butuh manajemen yang besar. Coba berapa TNI kita yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Kalau Polri, di Polri saja ada kapolri dan wakapolri. Jaksa agung ada wakil jaksa agung ya kan. Di BIN ada kepala BIN ada waka (wakil kepala) BIN ya kan,” tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Lantas siapa yang akan mengisi posisi Wapang itu, Presiden Jokowi belum menunjuknya.

“Untuk pengisiannya memang belum. Bisa minggu depan, bisa bulan depan, bisa tahun depan,” imbuh Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan, mekanisme pemilihan wapang juga belum diputuskan. Namun dia memastikan nantinya calon wapang juga akan diusulkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. “Ya tentu saja (usulan) dari Panglima,” ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini praktis tiga kepala staf TNI, yaitu KSAD, KSAL, dan KSAU, tentunya yang paling berpeluang diangkat menjadi wapang TNI.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *