Jokowi Puji Keberhasilan MA

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo

INDOPOLITIKA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Mahkamah Agung (MA) yang berhasil menurunkan jumlah perkara hukum di tanah air. Pada 2018 menjadi tahun dengan jumlah perkara paling minim.

“Dari berbagai langkah tersebut, MA berhasil mengurangi jumlah tunggakan perkara menjadi 906 perkara pada tahun 2018. Jumlah terendah sepanjang sejarah berdirinya MA,” ucap Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna DPR/MPR RI, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga:

Selain berkurangnya jumlah perkara, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan, MA telah menyelesaikan beberapa langkah perbaikan. “Seperti pembaharuan dalam tata cara penyelesaian gugatan sederhana dan pembaharuan di bidang manajemen perkara,” katanya.

Jokowi juga akan terus mendukung MA untuk mempermudah masyarakat dalam mencari keadilan. Hal itu tidak lain untuk membangun budaya sadar dan budaya taat hukum agar makin mengakar.

“Kini sistem peradilan berbasis elektronik sudah diterapkan di semua lingkungan lembaga peradilan. Para pencari keadilan sekarang secara online makin mudah mendaftarkan perkara dan melakukan pembayaran,” ucap Jokowi.

“Proses pemanggilan dan pemberitahuan sidang, serta penyampaian putusan peradilan juga dilakukan secara online. Bahkan, saat ini MA sudah melangkah lebih jauh lagi dengan mengembangkan e-court menuju e-litigasi. Semua langkah inovasi ini harus kita apresiasi,” tutur Jokowi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *